BUKU-BUKU

From buat gambar blog
Berawal dari kebiasaan membaca buku sejak kecil. Awal saya menyukai buku ketika waktu itu duduk di bangku Sekolah Dasar. Di rumah sendiri memang kebiasaan membaca sudah terbentuk, karena hampir seluruh anggota keluarga suka membaca, apapun bentuknya; entah surat kabar, majalah, novel ataupun komik. Dan kekebetulan waktu itu Bapak sering membawakan buku-buku cerita terbitan Balai Pustaka yang masih saya ingat selalu tertulis "Buku-buku terbitan Balai Pustaka, Tidak diperjual belikan" dibagian bawah.
Dan kebiasaan tersebut berjalan sampai saya menjadi anggota tetap perpustakaan di Sekolah Dasar. Buku-buku favorit waktu itu adalah buku-buku hasil karya Hans Christian Andersen, yang terkenal karena kemahirannya membuat cerita anak-anak. Bahkan sampai saat ini banyak cerita-ceritanya yang ditulis dan dicetak ulang dalam buku-buku dongeng anak sedunia, dan bahkan ada juga dalam bentuk film-film animasi.
Menginjak SMP saya sudah menjadi anggota tetap plus petugas perpustakaan. Wah senangnya bukan main, karena itu berarti kesempatan membaca buku-buku terbaru akan lebih diutamakan. Yang paling saya ingat adalah waktu itu kelas 1 SMP, pengalaman pertama membaca buku setebal hampir 300 halaman tidak lebih dari 24 jam. Wuih, mungkin itu penyebab kenapa saya sekarang berkacamata minus hehehehe ....
Bahkan sampai SMU kebiasaan ini terus berlanjut. Membaca buku seolah menyelam kedalam samudera ilmu, imajinasi seolah larut terbawa isi buku dan mengisi bagian-bagian yang kosong didalam kepala. Sayangnya tidak semua buku bisa masuk diperpustakaan sekolah, hingga jika ingin membaca buku-buku fiksi saya harus pergi ke tempat penyewaan yang harganya relatif mahal bagi uang saku anak sekolah saat itu.
Dan karena terbatasnya finansial, saya tidak mungkin meminta pada orangtua untuk membeli buku di toko-toko buku. Jangankan membeli buku untuk bacaan, untuk buku-buku sekolah terkadang juga masih sulit. Jadi bagi saya saat itu Toko Buku ibarat tempat yang menjual barang-barang yang tak terjangkau. Hingga terbersit harapan apabila memiliki pemasukan sendiri, akan saya puaskan keinginan untuk mengumpulkan dan membaca buku-buku yang saya sukai

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 comments: